Drs. Harun Musa MI.KOM (Ketua STIS SBI Surabaya)

PENGANTAR STIS SBI SURABAYA


Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS SBI) Surabaya, Islamic Entrepreneur University, dengan Program S-1 Program Studi Ekonomi Syariah dan Muamalah (Hukum Bisnis Islam) adalah perguruan tinggi yang melahirkan sarjana dengan kompetensi Perbankan Syariah, Manajemen Bisnis Islami, Serta Konsultan atau Ahli Hukum Islam.

Dengan metodhe pendidikan yang memadukan antara teori - teori Ekonomi Islam dan Muamalah dengan desain aplikasi Perbankan Syariah, Manajemen Bisnis
Islami, dan Hukum Bisnis Islam menjadikan STIS SBI Surabaya sebagai Kampus Kreatif yang siap menyongsong Booming Ekonomi Islam di Abad 21.

Keunggulan STIS SBI
» Biaya Kuliah Terjangkau
» Pilihan Kelas Reguler dan Kelas Karyawan
» Islamic Entrepreneur University
» Ekonomi Syariah dan Muamalah
» Biaya SPP Murah
» Bisa Kuliah sambil bekerja
» Training Kewirausahaan dan Internet Marketing
» Belajar bersama praktisi
» Didukung akses informasi unlimited

EKONOMI SYARIAH (TERAKREDITASI - C)
Melalui program ini mahasiswa dipersiapkan uuntuk bisa menjadi pengusaha sukses dengan mendirikan unit - unit bisnis, bekerja di bank syariah, dan lembaga keuangan syariah, pengamat ekonomi perspektif syariah, serta menjadi ekonom
berbasis syariah

MUAMALAH (TERAKREDITASI - C)
Melalui Program studi ini para sarjana dicetak menjadi konsultan bisnis islami, menjadi ahli hukum bisnis islami, pengawas syariah, yang memberikan pengawasan
terhadap produk dan operasional dari lembaga keuangan syariah, serta SDM yang profesional dalam manajemen zakat di kementerian agama atau departemen
agama.

STIS-SBI Surabaya sangat konsern dengan pendidikan dan ekonomi, karena STIS-SBI Surabaya adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi ekonomi Islam. STIS-SBI Surabaya menyediakan program beasiswa S1, di tengah-tengah penyelenggaraan pendidikan tinggi yang semakin mahal.


Bagi STIS-SBI Surabaya, penyelenggaraan pendidikan yang efektif dan efisien harus diperjuangkan, sehingga tetap menjadikan pendidikan sebagai upaya mencerdaskan bangsa yang efektif dan efisien sehingga terjangkau oleh anak bangsa.


STIS-SBI Surabaya telah berpengalaman menyelenggarakan program beasiswa ini, dimulai tahun 2004, dan terus berlanjut sampai sekarang 2014.

Sudah banyak lahir sarjana sukses dari sini.

Anda tertarik..?

Silakan pelajari peluang ini..

Salam SUKSES LUAR BIASA ...


DAFTAR ONLINE ?

Klik DISINI !

TEMPAT PENDAFTARAN

STIS SBI SURABAYA

Jl. Kalidami 14 - 16 Surabaya

Telfon : (031) 5929271 | 0812.-8557-8206| 0821.3906.3541

Pendaftaran dibuka setiap hari senin s/d minggu jam 14:00 s/d 20:30 wib.




Pandangan Islam Terhadap MEA 2015 - Dwi Condro Triono (Pakar Ekonomi Syariah Indonesia)

Sahabat muslim,
Kita tahu bahwa negara kita Indonesia dikenal sebagai negeri kaya raya, negeri gemah ripah loh jinawi. Namun, pada faktanya, kita tahu disekeling kita, masih banyak sekali rakyat indonesia yang hidup dibawah garis kemiskinan. Semakin lama, peran negara tidak dirasakan begitu rendahnya.
Negeri dengan mayoritas penduduknya adalah ummat muslim terbesar di ASEAN bahkan terbesar didunia ini sudah sepatutnya menjadi teladan bagi kaum yang lain.

Dalam islam, telah diajarkan bagaimana beribadah, tidak hanya sholat, zakat dan puasa. Lebih dari itu, islam juga mengajarkan tata kelola masyarakat bahkan islam pun memiliki konsep ekonomi yang telah terbukti menyejahterakan ummat.

Lalu, bagaimana islam memandang Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015?
Bpk. H. Dwi Condro Triono SP. M.Ag. Ph.D, beliau adalah tokoh dan pakar ekonomi Syariah Indonesia, dalam Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis Syariah yang diadakan oleh BEM STIS SBI Surabaya menyampaikan bahwa Sasaran utama dari diwujudkannya MEA adalah dalam rangka untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan regional ASEAN, meningkatkan daya saing kawasan secara keseluruhan di pasar dunia, mendorong pertumbuhan ekonomi, mengurangi kemiskinan, serta meningkatkan standar hidup penduduk  di negara-negara Anggota ASEAN.

Tema Utama : “Pasar Tunggal & Basis Produksi ASEAN”.
Elemen-elemen utama dalam Pasar tunggal dan basis produksi:

  1. Free flow of goods 
  2. Free flow of services
  3. Free flow of investment
  4. Free flow of capital 
  5. Free flow of skilled labour

MEA  = PASAR BEBAS ASEAN

Menurut Prof. Rene Ofreneo, mantan dekan  University of the Philippines-School of Labor and Industrial Relations, pasar bebas ASEAN adalah tiruan GATT (General Agreement on Tariffs and Trade ).
Jika  WTO mengalamai kesulitan meliberalisasi perdagangan,  maka ASEAN dipandang sebagai harapan untuk menerapkan perdagangan global setelah pembicaraan di WTO terhenti.

Apa dampak pemberlakuan PASAR BEBAS?
Terjadinya Hegemoni di Tingkat Nasional :

1. Memakan perusahaan kecil (The Law Of Capital Accumulation)
2. Penguasaan Bahan Baku (Proses konglomerasi dari hulu sampai hilir
3. Memakan Perusahaan Negara (Privatisasi BUMN)
4. Menjadi Penguasa Negara
5. Penguasaan Pasar Dunia (WTO & GATT)
6. Mematikan Perusahaan Lokal (Mendirikan MNC - MultiNasional Corporate)
7. Penguasaan Bahan Baku Lokal (Intervensi UU - PMA)
8. Bahan baku lokal lebih murah (Akan mengakibatkan dan menjatuhkan kurs mata uang lokal)
9. Penguasaan Tenaga kerja lokal murah (Liberalisasi pendidikan)
10. Menempatkan Penguasa boneka (Bantuan dana kampanye)

Berikut file presentasi Bapak H. Dwi Condro Triono pada seminar nasional yang diadakan BEM STIS SBI Surabaya untuk anda. silahkan di Download, semoga bermanfaat.

Apa kata mereka tentang STIS SBI...?

Chusairi Sulaiman

(Konsultan Keuangan dan SDM)

"STIS-SBI Surabaya ini adalah kampus tempat untuk mendalami ekonomi islam dan yang komprehensif dan ideologis. Bila anda ingin memahami eknomi islam dan menjadi pengusaha muslim dengan rezeki yang berlimpah dan berkah, STIS-SBI Surabaya lah jawabannya"

Zainal Abidin (Alumni)

(Alumni), Owner Ayam Pakuwon Bojonegoro

"STIS-SBI adalah sumber inspirasiku untuk meraih sukses, paduan Ekonomi, Entrepreneurship, dan pemahaman Keislaman yang comprehensif, telah mencetakku sebagai ekonom Muslim dan Pengusaha. Alhamdulillah, bekal itu mengilhamiku mendirikan RM Ayam Pakuwondan studi program pasca sarjana S2 di IAIN Sunan Ampel Surabaya. Bila anda ingin sukses dan berkah,STIS-SBI lah pilihan anda. Salam sukses,yes !!!"